Pengertian Seni Kartun Dan Perbedaan Dengan Seni Lainnya

Pastinya sobat bandar togel sudah mengetahui tentang berbagai macam gambar / film kartun yang beredar di Internet, TV, maupun di media lainnya. Nah, pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Seni Kartun dan perbedaannya dengan beberapa seni lainnya, termasuk Komik, Karikaur dan lain sebagainya.

Apa Itu Seni Kartun?

Menurut Wikipedia, Seni Kartun adalah sebuah seni menggambar untuk menghasilkan penampilan yang lucu dalam mempresentasikan sebuah karakter, ataupun suatu peristiwa.  Orang yang membuat gambar / fim kartun disebut dengan Kartunis.

Jenis gambar kartun yang kita kenal saat ini adalah gag cartoon, kartun editorial, dan juga strip komik. Kartun editorial biasanya ditujukan untuk kegiatan politik, baik tentang pandangan seseorang terhadap politik yang sedang terjadi, maupun cara menyindir pemerintah.  Sedangkan Gag Cartoon / Kartun Lucu, murni dibuat hanya untuk membuat orang lain terhibur tanpa mengisyaratkan unsur sindiran. Lalu, Strip Komik adalah gambar kartun didalam sebuah komik.

Gambar kartun juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan lain misalnya untuk ilustrasi sebuah sampul buku atua majalah yang bisa menjelaskan isi buku / majalah tersebut secara lebih singkat.  Selain itu, berbagai kartu ucapan juga bisa ditambahkan dengan gambar kartun agar lebih menarik. Yang terakhir, kartun saat ini juga sudah berkembang pesat di berbagai media lain seperti Film, yang dikenal dengan animasi.

Jenis-Jenis Seni Kartun

Secara garis besar, seni kartun dapat dibagi menjadi 5 jenis yaitu :

  • Kartun Murni (Gags Cartoon). Yakni sebuah kartun yang dimaksudkan untuk menghibur orang yang melihat, tanpa ada unsur lain seperti politik, seni budaya dan lain sebagainya.
  • Kartun Animasi. Yang lagi booming saat ini, yakni beberapa gambar kartun yang disusun dan diputar secara rapi untuk menghasilkan gambar bergerak / hidup.  Biasanya juga disebut dengan Film Kartun.
  • Kartun Komik. Kartun yang diimplementasikan untuk membuat sebuah alur peristiwa.
  • Kartun Editorial. Tujuannya adalah untuk kritik.
  • Kartun Politik. Seperti namanya, tujuannya adalah menitikberatkan pada masalah politik yang sedang terjadi.
Scroll to top