Kutil, Masalah Kulit yang Tidak Berbahaya Tetapi Mengganggu

Kutil, Masalah Kulit yang Tidak Berbahaya Tetapi Mengganggu

Kutil adalah benjolan di kulit Anda yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil telah menjangkiti manusia selama ribuan tahun. Mereka telah ditemukan pada mumi berusia 3.000 tahun dan disebutkan oleh Shakespeare. Meskipun umumnya kutil tidak berbahaya, kutil bisa membuat orang tersebut merasa malu dan bisa menular. Mereka juga bisa menyakitkan.Pertumbuhan kecil dan non-kanker ini muncul ketika kulit Anda terinfeksi salah satu dari banyak virus human papillomavirus (HPV). Virus memicu pertumbuhan sel ekstra, yang membuat lapisan luar kulit tebal dan keras di tempat itu. Meskipun mereka dapat tumbuh di mana saja, Anda cenderung mendapatkannya di tangan atau kaki Anda. Jenis kutil tergantung pada di mana tempatnya dan seperti apa bentuknya.

Karena sistem kekebalan setiap orang merespons secara berbeda terhadap virus, tidak semua orang yang melakukan kontak dengan HPV akan mendapatkan kutil. Dan jika Anda memotong atau merusak kulit Anda dengan cara tertentu, virus akan lebih mudah bertahan. Itu sebabnya orang dengan kondisi kulit kronis, seperti eksim, atau yang menggigit kuku atau membuangnya dengan hangnail cenderung mengalami kutil.

Kutil, Masalah Kulit yang Tidak Berbahaya Tetapi Mengganggu

Tubuh Anda Memainkan Pertahanan

Anak-anak dan remaja mendapatkan lebih banyak kutil daripada orang dewasa karena sistem kekebalan mereka belum membangun pertahanan terhadap banyak jenis HPV. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah seperti orang dengan HIV atau yang menggunakan obat biologis untuk kondisi seperti RA, psoriasis, dan IBD juga lebih rentan terkena kutil karena tubuh mereka mungkin tidak dapat melawannya.

Bagaimana Kutil Menyebar ?

Kutil sangat menular dan terutama dilewatkan melalui kontak kulit langsung, seperti ketika Anda memegang kutil dan kemudian menyentuh area lain dari tubuh Anda. Anda juga dapat menyebarkannya dengan benda-benda seperti handuk atau pisau cukur yang menyentuh kutil pada tubuh Anda atau orang lain. Kutil seperti kulit lembab dan lembut atau terluka.

Jenis – Jenis Kutil

  1. Kutil umum

Pertumbuhan kulit berwarna seperti daging ini paling sering terjadi pada punggung tangan, jari, kulit di sekitar kuku, dan kaki. Ukurannya kecil, mulai dari seukuran pinhead hingga kacang polong dan terasa seperti benjolan keras. Mereka mungkin memiliki titik-titik hitam yang terlihat seperti biji, yang merupakan gumpalan darah yang sangat kecil. Biasanya mereka muncul di mana kulitnya rusak, mungkin karena menggigit kuku Anda. (Ini juga dapat memindahkan virus dari tangan Anda ke wajah Anda.)

  1. Kutil Plantar

Apakah Anda merasa ada kerikil di sepatu Anda? Periksa telapak kaki Anda. Kutil ini mendapatkan nama mereka karena “plantar” berarti “satu-satunya” dalam bahasa Latin. Tidak seperti kutil lainnya, tekanan dari berjalan dan berdiri membuatnya tumbuh ke kulit Anda. Anda mungkin hanya memiliki satu atau sekelompok (disebut kutil mosaik). Karena datar, tangguh, dan tebal, mudah membingungkan mereka dengan kapalan. Cari titik-titik hitam di permukaan kaki Anda.

  1. Kutil Rata

Kelebihan kutil ini adalah ukurannya lebih kecil (mungkin 1/8 inci, dan lebih halus daripada jenis lainnya. Kelemahannya? Mereka cenderung tumbuh dalam jumlah besar seringkali 20 hingga 100 sekaligus. Kutil rata cenderung muncul di wajah anak-anak, daerah jenggot pria, dan kaki wanita.

  1. Kutil filiform

Kutil yang tumbuh cepat ini terlihat seperti benang dan runcing, terkadang seperti kuas kecil. Karena mereka cenderung tumbuh di wajah, di sekitar mulut, mata, dan hidung. Mereka dapat mengganggu, meskipun biasanya tidak sakit. Seiring waktu, tubuh Anda akan sering membangun perlawanan dan melawan kutil. Tetapi mungkin butuh berbulan-bulan atau sebanyak 2 tahun bagi mereka untuk menghilang. Pada orang dewasa, kutil seringkali bertahan lebih lama, mungkin beberapa tahun atau lebih. Beberapa kutil tidak akan pernah hilang.

Kebanyakan kutil adalah tidak berbahaya, dan Anda tidak perlu melakukan apa pun – kecuali, tentu saja, itu menyakitkan atau memalukan. Menunggu kutil hilang bisa menjadi bumerang, meskipun: Kutil mungkin menjadi lebih besar, kutil baru mungkin muncul, atau Anda bisa menularkannya kepada orang lain. Perawatan terbaik tergantung pada usia dan kesehatan Anda dan jenis kutil. Tetapi tidak ada obat untuk HPV, jadi beberapa virus mungkin tetap ada di kulit Anda setelah kutil hilang dan muncul kembali nanti.

Scroll to top